Selamat malam, Teman-teman? Apa
kabar? Semoga sehat selalu.
Kali ini Young Writer akan berbagi materi seputar Microsoft Excel, yaitu Cara Mengutip Karakter Teks Tertentu di Excel. Nah, untuk mengutip/mengambil karakter dari suatu sel di excel kita bisa menggunakan fungsi LEFT, MID, atau RIGHT.
Pada kasus tertentu kita bisa saja perlu mengutip atau mengambil beberapa karakter dari sebuah teks. Misalnya, kita ingin mengambil sejumlah karakter untuk kolom kode kamar yang bersumber dari kolom kode nomor seperti di bawah ini. Untuk mengambil sebagian kata atau sejumlah karakter tertentu dari sebuah teks di excel, sudah tersedia beberapa fungsi khusus, yaitu LEFT, MID, dan RIGHT.
Perhatikan contoh kasus berikut:
Bagian 1
Fungsi LEFT
Excel
LEFT pada Micrososft Excel adalah
fungsi yang digunakan untuk mengambil sejumlah karakter awal atau beberapa
karakter teks dari kiri, berdasarkan jumlah karakter yang kita tentukan. Cara
penulisan rumus left pada excel adalah sebagai berikut:
LEFT(Teks; [JumlahKarakter])
Pada contoh kasus di atas,
berarti rumus yang diketik di kolom kode kamar adalah =LEFT(A2;1). A2
sebagai sel kode nomor kolom A baris ke-2, yaitu teks L1-A1-01, dan seterusnya. Dengan penggunaan rumus
left di atas kita dapat mengambil satu karakter sebagai inisial kode kamar yang
nantinya dapat dipakai dan dipadukan dengan rumus lain seperti VLOOKUP dan HLOOKUP untuk kebutuhan tertentu.
Mudah-mudahan teman-teman bisa mengerti, ya. Selanjutnya kita akan masuk ke fungsi MID dan RIGHT. Silakan baca di sini: Cara
Mengutip Karakter Teks Tertentu di Excel dengan rumus MID dan RIGHT.
Sampai jumpa.
---
Keyword : Cara Mengutip Beberapa Karakter Teks di Excel, Cara Megutip Sebagian Teks di Excel, Rumus Excel Mengutip Teks, Rumus Excel untuk Mengambil Karakter Teks
---
0 comments:
Posting Komentar